Tuesday, January 15, 2013

A Class Car, City Car, 100~200 Juta di Indonesia

A Class Car (klo  gak salah) di Indonesia diisi oleh beberapa mobil keluaran ATPM di Indonesia, seperti Kia Picanto, Suzuki Splash,Nissan March, Honda Brio dan yang berojol paling buncit Mitsubishi Mirage.

Kia Picanto, di Indonesia sudah 3 generasi.

Apa sih A Class Car...??? Memang bukan seperti yang dikira yaitu mobil teratas, tapi mobil untuk kelas 100~200 Juta, city Car (jenis mobil), 5 penumpang dan disebut-sebut ECO car (kok nambah lagi jenisnya)...

Nissan March

City car, kenapa city car..?? karena bentuknya yang kompak, ya itu tadi hanya 5 penumpang, tapi cilik-cilik untuk yang di belakang, jadi gampang selap selip perkotaan.

Suzuki Splash sampai saat ini hanya ada varian Manual Transmisi

ECO Car (apalagi nih..) bukannya artinya mobil bapak atau ibu ECO, tapi mobil yang mempunyai kemampuan konsumsi bahan bakar irit, meskipun belum ada definisi ECO car di Indonesia, namun di negara lain mobil ini minimum harus memiliki FC (Fuel Consumption) atau konsumsi bahan bakar 1:20, artinya 1 Liter bbm, mampu menempuh 20 km.

Honda Brio, harga tertinggi di kelas A Class Car

Lalu apa benar mobil-mobil tersebut termasuk ECO car, ya gak tau, silahkan tes sendiri. namun dari beberapa claim pabrikan, mobil-mobil ini memiliki FC yang dapat mencapai 1:20 tentunya dengan metode-metode pengukuran standar tertentu.

Mitsubishi Mirage, menurut media FC mencapai 1:24 km

Akhir kata UUD juga, ujung-ujungnya duit, klo rentang harga 100~200 juta dengan positioning di atas mampukah mobil-mobil ini bersaing dengan MPV sejuta umat duet Avanza Xenia atau mobil sepertiga juta umat Suzuki Ertiga dengan selisih harga sedikit namun memiliki kapasitas penumpang dan bawaan lebih besar.

Memang  beda kelas, tapi pembelinya masih manusia, manusia Indonesia, yang mindsetnya mainstream. Apakah FC dapat menjadi point utama keunggulan dan menjadi ketertarikan konsumen, ya masing-masing orang  punya pendapat.

Anyway akan kita bahas lebih lanjut mobil-mobil di atas, tunggu artikel selanjutnya.
Selamat Malam.

No comments:

Post a Comment